Digital Marketing
Apa itu Digital Marketing? Bagaimana strategi digital marketing? Apa manfaat dan keunggulan dari digital marketing?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dikupas secara tuntas di postingan kali ini agar kalian dapat memahaminya dengan jelas. Sebaiknya mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu DIGITAL MARKETING.
Digital Marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brands menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien.
Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen. Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.
Strategi Digital Marketing
Pemasaran digital menggunakan berbagai strategi untuk mencapai satu tujuan utama melalui rute yang berbeda. Pikirkan pemasaran digital sebagai sebuah perusahaan, strateginya adalah karyawan perusahaan yang bekerja di departemen yang berbeda. Semua karyawan bekerja untuk organisasi yang sama dengan satu motif; untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis mereka. Demikian pula, semua strategi pemasaran digital bekerja sama untuk menghasilkan sebanyak mungkin trafik, menciptakan kesadaran brand, dan mengubah prospek menjadi pelanggan setia untuk bisnis tersebut. Bebearapa strategi pemasaran digital pada umumnya:
• Search Engine Optimization (SEO)
SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.
• Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan singkatan dari Search Engine
Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.
Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara PPC - pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. SEO dan SEM tidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. SEO dan SEM sama sama dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.
• Blog/Website Marketing
Blogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis. Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangun otoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).
• Content Marketing
Pemasaran konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk menarik minat pada bisnis yang ditawarkan. Pada dasarnya, pemasaran konten adalah tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial.
• Sosial Media Marketing
Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal. Media sosial adalah tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan layanan sambil tetap berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit mereka.
• Email Marketing
Menurut Forbes, rata-rata orang memeriksa email mereka 15 kali sehari, tetapi jumlahnya bisa lebih banyak daripada itu. Pemasaran melalui email mungkin bukan sumber utama untuk menghasilkan prospek baru ke bisnis, tetapi cara ini lebih sering digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan. Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Sebagian besar bisnis menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin mingguan, penawaran promosi, dan pembaruan tentang produk dan layanan mereka.
• Banner Marketing
Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web.
• Mobile Marketing
Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.
• Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar pengguna.
• Viral Marketing
Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah diendorse oleh seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media sosial banyak.
Manfaat & Keuntungan Digital Marketing
Menurut majalah Forbes, 82% konsumen melakukan penelitian online. Perusahaan Tech Crunch melaporkan bahwa 79% orang berbelanja online. Oleh karena itu digital marketing sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan terlebih untuk para pembisnis online. Efek penggunaan sosial media dan marketplace yang cukup tinggi, serta semakin banyak pilihan pembayaran, menjadikan digital marketing solusi yang sangat tepat untuk meningkatkan penjualan serta branding produk/jasa.
Keuntungan digital marketing yaitu:
- Bisa menjangkau konsumen yang jauh lebih luas tidak terbatas pada jarak serta waktu.
- Produk atau jasa yang ditawarkan bisa menjangkau ke luar negeri dengan cara yang relatif mudah.
- Penggunaan media sosial dan platform digital lainnya secara tepat akan membuat hasilnya lebih bagus cukup mudah untuk dilakukan.
- Digital marketing relatif lebih mudah dan murah untuk dilakukan dan hasilnya juga relatif lebih cepat bisa dirasakan.
- Dengan digital marketing kita bisa mengetahui perkiraan jumlah calon konsumen dan membuat pemetaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
Manfaat digital marketing meliputi:
- Jangkauan skala global
Situs web memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.
- Biaya lebih rendah
Kampanye digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya dan jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran tradisional.
- Hasil yang dapat dilacak dan terukur
Berbagai alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti analisis web dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.
- Personalisasi
Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
- Keterbukaan
Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk diajak berinteraksi.
- Mata uang sosial
Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
- Peningkatan tingkat konversi.
Dengan mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.
Digital marketing saat ini tergolong efektif karena sudah banyak sekali masyarakat di Indonesia yang menghabiskan waktunya menggunakan media online. Dengan digital marketing, Anda juga dapat menjangkau tempat-tempat yang sebelumnya tidak bisa Anda sentuh, mungkin karena keterbatasan dana maupun akses yang sulit. Pemasaran akan selalu tentang menghubungkan Anda dengan audiens di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Itu berarti Anda harus bertemu dengan mereka di mana mereka sudah menghabiskan waktu yakni di internet. Oleh karena itu sebaiknya Anda memulai strategi pemasaran digital Anda dengan bijaksana agar tidak melewatkan peluang pembeli yang bisa saja datang mampir ke lapak online Anda.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dikupas secara tuntas di postingan kali ini agar kalian dapat memahaminya dengan jelas. Sebaiknya mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu DIGITAL MARKETING.
Digital Marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brands menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien.
Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen. Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.
Strategi Digital Marketing
Pemasaran digital menggunakan berbagai strategi untuk mencapai satu tujuan utama melalui rute yang berbeda. Pikirkan pemasaran digital sebagai sebuah perusahaan, strateginya adalah karyawan perusahaan yang bekerja di departemen yang berbeda. Semua karyawan bekerja untuk organisasi yang sama dengan satu motif; untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis mereka. Demikian pula, semua strategi pemasaran digital bekerja sama untuk menghasilkan sebanyak mungkin trafik, menciptakan kesadaran brand, dan mengubah prospek menjadi pelanggan setia untuk bisnis tersebut. Bebearapa strategi pemasaran digital pada umumnya:
• Search Engine Optimization (SEO)
SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.
• Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan singkatan dari Search Engine
Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.
Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara PPC - pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. SEO dan SEM tidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. SEO dan SEM sama sama dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.
• Blog/Website Marketing
Blogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis. Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangun otoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).
• Content Marketing
Pemasaran konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk menarik minat pada bisnis yang ditawarkan. Pada dasarnya, pemasaran konten adalah tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial.
• Sosial Media Marketing
Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal. Media sosial adalah tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan layanan sambil tetap berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit mereka.
• Email Marketing
Menurut Forbes, rata-rata orang memeriksa email mereka 15 kali sehari, tetapi jumlahnya bisa lebih banyak daripada itu. Pemasaran melalui email mungkin bukan sumber utama untuk menghasilkan prospek baru ke bisnis, tetapi cara ini lebih sering digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan. Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Sebagian besar bisnis menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin mingguan, penawaran promosi, dan pembaruan tentang produk dan layanan mereka.
• Banner Marketing
Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web.
• Mobile Marketing
Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.
• Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar pengguna.
• Viral Marketing
Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah diendorse oleh seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media sosial banyak.
Manfaat & Keuntungan Digital Marketing
Menurut majalah Forbes, 82% konsumen melakukan penelitian online. Perusahaan Tech Crunch melaporkan bahwa 79% orang berbelanja online. Oleh karena itu digital marketing sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan terlebih untuk para pembisnis online. Efek penggunaan sosial media dan marketplace yang cukup tinggi, serta semakin banyak pilihan pembayaran, menjadikan digital marketing solusi yang sangat tepat untuk meningkatkan penjualan serta branding produk/jasa.
Keuntungan digital marketing yaitu:
- Bisa menjangkau konsumen yang jauh lebih luas tidak terbatas pada jarak serta waktu.
- Produk atau jasa yang ditawarkan bisa menjangkau ke luar negeri dengan cara yang relatif mudah.
- Penggunaan media sosial dan platform digital lainnya secara tepat akan membuat hasilnya lebih bagus cukup mudah untuk dilakukan.
- Digital marketing relatif lebih mudah dan murah untuk dilakukan dan hasilnya juga relatif lebih cepat bisa dirasakan.
- Dengan digital marketing kita bisa mengetahui perkiraan jumlah calon konsumen dan membuat pemetaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
Manfaat digital marketing meliputi:
- Jangkauan skala global
Situs web memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.
- Biaya lebih rendah
Kampanye digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya dan jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran tradisional.
- Hasil yang dapat dilacak dan terukur
Berbagai alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti analisis web dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.
- Personalisasi
Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
- Keterbukaan
Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk diajak berinteraksi.
- Mata uang sosial
Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
- Peningkatan tingkat konversi.
Dengan mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.
Digital marketing saat ini tergolong efektif karena sudah banyak sekali masyarakat di Indonesia yang menghabiskan waktunya menggunakan media online. Dengan digital marketing, Anda juga dapat menjangkau tempat-tempat yang sebelumnya tidak bisa Anda sentuh, mungkin karena keterbatasan dana maupun akses yang sulit. Pemasaran akan selalu tentang menghubungkan Anda dengan audiens di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Itu berarti Anda harus bertemu dengan mereka di mana mereka sudah menghabiskan waktu yakni di internet. Oleh karena itu sebaiknya Anda memulai strategi pemasaran digital Anda dengan bijaksana agar tidak melewatkan peluang pembeli yang bisa saja datang mampir ke lapak online Anda.
Informasi yang sangat berguna
BalasHapus