Apa dan Bagaimana Marketing Insight


Hello readers! Di postingan kali ini saya akan mengulas materi yang telah disampaikan pada acara WEBINAR UNIVERSITAS ESA UNGGUL yang bertemakan “Apa dan Bagaimana Marketing Insight”

Materi pertama dibawakan oleh Ibu Diana Fajarwati selaku The Partner Consulting dan Dosen di Universitas Esa Unggul.

Menurut beliau, business goal pada umumnya yaitu:
- Diterima oleh pasar
- Consumers Satisfaction
- Profit

Serta terdapat 3 kata kunci untuk memenuhi sebuah kebutuhan pasar, yaitu:
1) Relevant
Sesuai dengan kondisi lingkungan atau trend yang berkembang saat ini. Contoh produk apa yang relevansi dengan pasar saat ini? Dessert box, makeup, skincare.
2) Appealing
Membangkitkan emosional konsumen dari sisi positive.
Terdapat 3 komponen appealing, yaitu:
- Functional value
- Emotional value
- Symbolic Value
3) Suitable
Empati terhadap kapasitas konsumen.
Memahami kapabilitas konsumen dalam financial, lifestyle, demographic, sociographic, dan belief.

INSIGHT: A clear, deep and sometimes sudden understanding of a complicated situation or problem.
MARKET INSIGHT: A clear, deep and sometimes sudden understanding of market.

Insight adalah semacam informasi yang sudah sampai ke intinya yang digunakan untuk mencapai suatu problem yang complicate dan biasanya muncul secara tiba tiba.

Market Insight yaitu memahami suatu pasar dengan jelas dan mendalam.

Lalu, apa saja pertanyaan penting untuk menemukan hal yang dibutuhkan konsumen?
1. Apakah yang menjadi problem utama anda?
2. Jika ada solusi, apa yang berubah dalam hidup anda?
3. Seberapa mudah atau susah menemukan solusi tersebut di pasar?

Setelah mengetahui penjelasan Market Insight dari Ibu Diana Fajarwati, maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui penjelasan dari Ibu Cicilia S. Bangun, ST., MT selaku The Partner Consulting dan Dosen di Universitas Esa Unggul.

Menurut beliau, consumer insight terdiri dari:
- Listen to customer voice
Mendengarkan suara dari customer, kebutuhan customer, keluhan dan keinginan customer.
- Know your customer
Mengetahui siapa customernya dan target pasarnya.
- Customer engagement
Menjalin kedekatan dengan customer

Lalu, apa itu Consumer Insight? Berikut penjelasannya.
Customer: Seseorang atau sebuah organisasi yang membeli sesuatu dari sebuah toko atau bisnis. Seseorang dengan tipe tertentu.
Consumer: Pemakai barang hasil produksi (baham, pakaian, makanan, dll). Penerima pesan iklan. Pemakai jasa.
Insight: Pemahaman yang jelas, dalam dan terkadang tiba-tiba tentang masalah atau situasi yang rumit, atau kemampuan untuk memiliki pemahaman semacam itu.
Consumer Insight: upaya atau prosea pengidentifikasian semua tentang consumer yang dilakukan secara mendalam, mulai dari segi geografis, kebiasaan, latar belakang, demografis dan berbagai faktor yang mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung dengan komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk/jasa yang ditawarkan.




Menurut beliau, terdapat beberapa cara dalam mengumpulkan consumer insight:
1) Literature sources
2) Survey
3) Observations
4) Interview
5) Online/Social media monitoring
6) Document and records
7) Experiments

Consumer Insight dapat dimanfaatkan melalui jaringan sosial, seperti:
- Identifikasi kebiasaan konsumsi konsumen
- Memahami komunitas konsumen
- Mendapatkan feedback dari konsumen
- Mendapatkan opini untuk memperbaiki komunikasi
- Memahami waktu konsumsi konsumen
- Mengevaluasi pengalaman konsumen
- Membandingkan dengan pesaing
- Mengidentifikasi new influencer
- Mendapatkan indo trend terbaru
- Mengoptimalkan iklan

Sedangkan manfaat consumer insight sendiri yaitu:
>> Menyesuaikan strategi pemasaran
>> Menganalisa pesaing
>> Menekan biaya akusisi per pelanggan
>> Meningkatkan jumlah pelanggan
>> Meningkatkan transaksi per pelanggan
>> Menjalin hubungan baik dengan pelanggan


Komponen dasar dari consumer insight:
- Pengumpulan data: Apa keinginan konsumer? Apa kebutuhan konsumer?
- Analisis data: Gambaran keinginan konsumer.
- Optimalisasi: Tindakan perusahaan.
- Manajemen Promosi: Pesan sampai ke konsumer.
- Personalisasi: Membentuk ciri perusahaan.

Contoh marketing insight dari produk kosmetik Wardah
 

Itulah penjelasan yang bisa saya bagikan ke teman-teman, semoga dapat bermanfaat! 

Untuk full video WEBINAR UNIVERSITAS ESA UNGGUL yang bertemakan “Apa dan Bagaimana Marketing Insight” bisa langsung kalian akses disini yaaa Apa dan Bagaimana Marketing Insight Ada banyak materi yang bisa kalian pelajari tentunya, karena penjelasan saya di postingan ini hanya rangkuman dari materi yang disampaikan pada Webinar tersebut.

Thank you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Marketing

LEGALITAS BISNIS

Kemitraan Bisnis